Tuesday, May 26, 2015

Membuat Komposit Band Citra Landsat dengan ArcGIS

Setelah pada tulisan sebelumnya membahas tentang cara melakukan download citra landsat dengan gratis dari internet. Kini akan dibahas tentang bagaimana membuka data hasil download tersebut dan membuat citra komposit dari komposisi band yang ada dengan dengan menggunakan perangkat lunak ArcGIS.

Pada tulisan sebelumnya kita telah melakukan download citra landsat Level 1 GeTIFF Product, dimana file citra pada jenis produk ini merupakan file landsat yang masih terpisah layernya menurut band masing-masing. Dengan demikian kita harus melakukan proses komposit sehingga menjadi sebuah citra yang dapat digunakan untuk analisis atau interpretasi.

Setelah mendowload citra landsat dengan menggunakan langkah pada tulisan sebelumnya, saya mendapatkan citra landsat 8 dalam sebuah file format zip. Kemudian ekstrak file zip tersebut dalam sebuah folder. Hasil dari ektsrak file tersebut terdapat beberapa file yang merupakan layer band yang terdapat dalam citra landsat 8. Terdapat 11 band dalam citra landsat 8.


Untuk membuka dan manggabungkan layer tersebut dapat menggunakan salah satu perangkat lunak GIS, dalam hal ini saya gunakan ArcGIS. Maka buka program ArcMap. Kemudian add data layer untuk band landsat yang kan kita buat komposit di ArcMap. Misal kita akan membuat layer komposit 432, komosisi band 432 ini akan menghasilkan warna natural. Tambahkan layer band 4, 3, dan 2 ke dalam ArcMap. Kemudian urutkan layer band citra yang akan kita buat komposit, Kemudian urutkan layer band 4 paling atas diikuti layer band 3 dan band 2.


Saya akan menggunakan ArcGIS versi 10.1 dimana pada versi ini proses composit citra landsat sangat mudah untuk dilakukan. Yaitu dengan memilih menu windows dan pilih Image Analysis, sehingga muncul window image analysis.


Kemudian pilih pada checkbox dan blok band 4, band 3, dan band 2 seperti pada gambar dan kemudian  klik icon composit bands seperti pada gambar dibawah.


Setelah icon composit bands tersebut di klik maka akan ditampilkan sebuah layer baru hasil komposit tiga band di layar. Hasil komposit tersebut terdiri dari tiga band yaitu band 4 pada bagian chanel Red, band 3 pada bagian chanel Green, dan band 2 pada bagian chanel Blue (RGB).



Maka selesailah membuat komposit band citra landsat dnegan ArcGIS, dan siap untuk dilakukan interpretasi atau penafsiaran untuk analisis lebih lanjut. Kita dapat mengatur urutan band pada RGB tersebut dengan merubah di Tab Symbology dengan melakukan klik kanan properties pada layaer hasil komposit.


Demikianlah tutorial sederhana cara membuat Komposit band citra landsat dengan ArcGIS, terimakasih telah menyimak tulisan ini dan semoga bermanfaat. @wawanhn



Previous Post
Next Post

0 comments: